blog

Fasilitas di Pulau Tidung

penginapan pulau tidung

Wisata yang berkembang di Pulau Tidung adalah wisata semi backpacker berbasis masyarakat atau penduduk jadi tidak mengherankan kalau wisatawan yang ingin menginap hanya dapat menempati rumah-rumah warga yang dijadikan penginapan ( homestay ) ataupun rumah yang memang dipersiapkan untuk penginapan serta losmen yang dapat menampung 10  - 20 orang tergantung besarnya rumah. Jika pada awalnya penginapan-penginapan ini hanya difasilitasi dengan kipas angin sekarang hampir semua penginapan telah menggunakan pendingin ruangan ( AC ). Pada sebagian homestay pendingin ruangan hanya diletakkan di ruang tengah, tetapi kebanyakan pendingin ruangan di letakkan diantara ruang tengah dengan kamar tidur serta ada juga yang diletakkan di kamar tidur saja. Fasilitas standar lain yang biasanya disediakan di penginapan adalah pesawat televisi ( TV ), air mineral dan pemanas air ( dispenser ), kamar mandi dan toilet. Ada juga beberapa homestay yang menyediakan kulkas dan dapur untuk keperluan terbatas.

transportasi kapal pulau tidung

     Pulau Tidung yang terletak di utara Jakarta sekarang ini hanya bisa ditempuh melalui jalur laut. Ada beberapa rute kapal yang melayani perjalanan ke Pulau Tidung diantaranya dari pelabuhan pasar ikan Muara Angke - Pulau Tidung, pelabuhan Kali Adem ( Muara Angke ) - Pulau Tidung, dermaga Marina Ancol - Pulau Tidung, dan pelabuhan Rawa Saban ( Paku Haji ) - Pulau Tidung.

      Pelabuhan Pasar Ikan Muara Angke ~ berada di dalam pasar ikan ( pelelangan ikan ) Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara. Pelabuhan ini sebenarnya adalah pelabuhan untuk bongkar muat barang -- terutama ikan hasil tangkapan nelayan -- dari dan ke beberapa Pulau di Kepulauan Seribu seperti Pulau Tidung, Pulau Panggang, Pulau Pramuka, Pulau Kelapa dan Pulau Harapan. Tetapi karena awalnya belum tersedia pelabuhan khusus penumpang maka kemudian pelabuhan ini dijadikan juga sebagai pelabuhan penumpang dari dan ke Pulau Tidung, Pulau Panggang dan Pramuka, Pulau Kelapa dan Harapan. Kapal-kapal yang melayani penumpang dan barang ke pulau-pulau tersebut adalah kapal kayu dengan mesin tunggal untuk kapasitas penumpang 100 - 200-an orang. Penumpang dalam kapal duduk lesehan karena tidak ada kursi di dalam kapal tersebut. Untuk penunjang standar keselamatan berlayar disediakan juga jaket pelampung ( life vest ) yang bisa digunakan saat berada di dalam kapal. Jadwal keberangkatan dari sini mulai jam 07.00 - 07.30 pagi dengan tarif rata-rata Rp. 33.000/orang sekali jalan.

Kapal Fery Reguler Pulau Tidung
Kapal Fery Reguler Pulau Tidung
Contoh kapal dari pelabuhan pasar ikan Muara Angke
 

     Pelabuhan Kali Adem ( Muara Angke ) ~ berada di sebelah barat bersebelahan dengan pelabuhan pasar ikan Muara Angke. Pelabuhan ini adalah pelabuhan khusus penumpang yang melayani rute perjalanan dari dan ke Pulau Seribu salah satunya Pulau Tidung. Kapal yang beroperasi disini adalah KM Lumba-lumba dan KM Kerapu milik pemerintah yang dikelola pihak ketiga. KM lumba-lumba berkapasitas 50 tempat duduk dengan fasilitas AC, TV dan Full musik. Sedangkan KM Kerapu berkapasitas 15 - 25 tempat duduk tanpa AC, TV dan musik. Jadwal keberangkatan dari Kali Adem adalah jam 07.00 dan 12.00 untuk KM Kerapu, sedangkan KM Lumba-lumba berangkat jam 08.00 dan 13.00 waktu normal. Tarif yang diberlakukan untuk tujuan Pulau Tidung adalah Rp. 32.000/orang termasuk asuransi perjalanan.

Kapal Lumba-Lumba ke Pulau Tidung
KM Lumba-lumba
Kapal Kerapu ke Pulau Tidung
KM Kerapu
 

     Dermaga Marina Ancol ~ berada di dalam kawasan Taman Impian Jaya Ancol yang melayani rute ke Pulau Seribu dengan kapal cepat ( Speedboat ) salah salah satunya milik Luxury Yacht. Perjalanan ke Pulau Tidung hanya ditempuh dalam waktu kurang dari 1 jam perlananan waktu normal. Jadwal keberangkatan dari sini biasanya jam 08.00 dan kembali dari Pulau Tidung jam 14.30. Biaya untuk 1 kali perjalanannya adalah Rp. 250.000/orang untuk 1 day trip sedangkan untuk 2 day trip berkisar Rp. 400.000 - 500.000/orang.

Kapal cepat Luxury Yacht ke Pulau Tidung
Kapal Luxury Yacht
 

     Pelabuhan Rawa Saban ( Paku Haji ) ~ berada di daerah kecamatan Paku Haji, Tangerang. Pelabuhan ini fungsinya sama dengan pelabuhan pasar ikan Muara angke. Selain untuk bongkar muat barang juga digunakan untuk pelabuhan penumpang dari dan ke Pulau Seribu seperti Pulau Tidung, Pulau Pari dan Pulau Lancang. Kapal yang bersandar disini juga relatif sama dengan pelabuhan pasar ikan Muara Angke namun dengan ukuran yang lebih kecil.

menu makan pulau tidung

Untuk memenuhi kebutuhan konsumsi di Pulau Tidung kami menyerahkan kepada penyedia cathering. Ada beberapa menu yang sering dan biasa disajikan oleh kami antara lain :

Pokok : Nasi Putih, Nasi Goreng
Lauk : Ayam Goreng, Ikan ( Pesmol/goreng/bakar ), Ikan teri, Cumi, Tempe, Udang ( tentative )
Sayur : Sayur lodeh, Sayur asem, Sayur sop
Tambahan : Krupuk, Sambal goreng
Minum : Air mineral
Penutup : Buah segar

tour guide pulau tidung

Pulau Tidung mempunyai wilayah yang lumayan luas sehingga terdapat banyak lokasi yang dapat digunakan oleh wisatawan untuk bersantai atau sekedar berfoto ria. Untuk itulah kami menyediakan pemandu atau tour guide agar wisatawan lebih mudah mengenal lokasi dan objek yang ada disana. Selain sebagai pemandu mereka juga bertugas untuk menjadi instruktur snorkeling, membantu melayani berbagai keperluan wisatawan sewaktu mengadakan acara.

Mereka yang bertugas sebagai pemandu rata-rata adalah penduduk lokal terutama anak muda yang sudah mempunyai pengalaman menjadi nelayan atau pelaut. Jadi wisatawan tidak perlu khawatir dengan kemampuan mereka mengenal lokasi dan keadaan di laut. Ada beberapa kemampuan dasar yang wajib mereka miliki untuk menjadi pemandu seperti kemampuan berenang, menyelam, dan komunikasi dengan wisatawan. Jadi anda yang berlibur ke Pulau Tidung dapat terlayani dengan baik karena ada pemandu yang selalu siap memberikan informasi dan pelayanan terbaik.

objek wisata pulau tidung

Pulau Tidung mempunyai beberapa objek wisata yang bisa dinikmati dengan biaya yang relatif terjangkau. Objek utama sebagai kawasan wisata bahari tentunya adalah terumbu karang yang bisa dinikmati dengan ber-snorkeling atau menyelam. Peralatan standar yang digunakan untuk snorkeling adalah masker, snorkle, fin dan life vest. Ada beberapa spot yang sering dikunjungi wisatawan untuk snorkeling seperti daerah goba di utara jembatan cinta, ujung pulau Tidung Kecil, Pulau Payung, Pulau Karang Beras dan Pulau Air.

Selain bersnorkeling di Pulau Tidung pengunjung juga dapat menikmati serunya naik banana boat. Jika anda tidak terbiasa dengan snorkeling, water sport yang satu ini tentu bisa menjadi alternatif pilihan anda. Banana boat adalah perahu karet berbetuk mirip pisang yang ditarik oleh speedboat atau jetsky dan dapat menampung 5 - 6 penumpang. Wahana yang mirip dengan banana boat adalah King Donat karena sama-sama ditarik oleh speedboat hanya saja bentuknya bulat mirip donat.

Bagi anda yang suka dengan adu kecepatan anda dapat menyewa jetsky untuk jangka waktu tertentu baik sendiri maupun berdua. Tarifnya memang tidak murah tapi jika hasrat anda bisa terpuaskan tentu menjadi daya tarik tersendiri. Anda dapat berkeliling pantai Pulau Tidung dan menikmati panorama lama sekitar dengan sensasi yang berbeda. Bagi anda yang belum mahir dapat juga meminta bimbingan dari penyedia jetsky tersebut untuk membantu anda agar dapat mengemudikan jetsky sendiri.

Wahana yang satu ini cocok bagi anda yang ingin bersantai sambil berkeliling dipantai berdua dengan pasangan atau teman sembari olah raga ringan yaitu Kano. Tersedia kano ukuran single untuk sendiri dan kano double untuk berdua dengan harga sewa yang tidak jauh beda. Anda dapat berkeliling selama kurang lebih setengah jam sampai satu jam untuk satu kali sewa.

Selain wahana diatas yang berbayar ada juga yang gratisan lho, yups "Lompat Belanda" istilah yang kami gunakan untuk wahana yang satu ini. Anda yang mau adu nyali dapat mencoba sensasi melompat dari ketinggian +- 5 meter di Lengkungan jembatan cinta. Banyak pengunjung yang merasa berkesan setelah melompat dari jembatan cinta, bahkan ada yang ketagihan untuk mencoba lagi setelahnya. Satu hal yang perlu diperhatikan sebelum melompat adalah pastikan dahulu kondisi sekitar benar-benar aman dari lalu lintas perahu dan jetsky penarik banana boat agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.